Teks

Blog ini sengaja diluncurkan untuk mengekspos kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs Kab. Pesisir Selatan. Diharapkan dengan adanya blog sederhana ini, semua guru-guru terutama guru-guru Bahasa Inggris mendapatkan manfaatnya dalam menjalankan tugas mulia sebagai guru untuk ikut mencerdaskan anak-anak bangsa. Semoga saja. Silahkan catat dan kunjungi kembali http:// www. mgmpbingsmppessel.blogspot.com

Marque

Welcome to Blog MGMP Bahasa Inggris SMP Kab. Pesisir Selatan





Jumat, 11 November 2011

Proposal MGMP Bing SMP Pessel Tahun Anggaran 2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Berdasarkan observasi awal terlihat bahwa satuan pendidikan di tingkat dasar dan menengah di kabupaten Pesisir Selatan pada umumnya masih memerlukan pembinaan secara berkelanjutan. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan di daerah kabupaten Pesisir Selatan tergolong masih rendah. Demikian juga mutu pendidikan di tingkat SMP
terlihat masih rendah, hal ini nampak dari kurangnya jumlah siswa yang mampu masuk ke sekolah menengah atas yang mereka inginkan, apalagi untuk masuk ke SMA yang diunggulkan. Hal ini terjadi karena  kurang
tersedianya dukungan terhadap sumber daya pendidikan. Kondisi ini juga disebabkan karena kurang ditunjang oleh rendahnya kegiatan pengembangan SDM oleh sekolah/dan pihak terkait, serta rendahnya tingkat hubungan dengan berbagai perguruan tinggi/LPTK, LPMP, PPPPTK).
Sementara itu dilain pihak terjadi tuntutan penguatan peningkatan mutu pendidikan disemua jenjang satuan pendidikan. Hal ini nampak dari munculnya berbagai regulasi/aturan-aturan yang terkait dengan pentingnya kemajuan pendidikan, sebagaimana yang dijelaskan dalam UU No. 20 th. 2003 tentang Sisdiknas dan PP. No. 19 tahun 2005 tentang adanya Standar Nasional Pendidikan.
Uraian di atas menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang diharapkan. Hal ini berarti ada permasalahan pendidikan terutama terkait dengan kegiatan proses pembelajaran yaitu terkait dengan pendekatan, model, media, dan metode pembelajaran yang memerlukan perhatian sesuai standar isi, standar proses, dan standar penilaian.
Permasalahan tersebut tidak lepas dari tanggung jawab guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan di tingkat sekolah. Permasalahannya adalah belum semua guru tersentuh oleh pelatihan/workshop guru terkait dengan standar proses pembelajaran. Kompetensi guru belum berkembang secara optimal dikarenakan kurang adanya bimbingan dan informasi terkini dalam hal pengelolaan pembelajaran.
Sebenarnya kegiatan guru di kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan secara rutin tetap  berlangsung dengan memberdayakan tenaga yang ada (tutorial sesama guru). Namun, belum semua kelompok MGMP yang mendapat  sentuhan pengembangan dari pihak yang lebih kompeten di bidang pembelajaran dan penilaian, misalnya dari LPMP sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan.
Terkait dengan kondisi kompetensi guru seperti digambarkan di atas, maka kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan tidak tinggal diam dan puas dengan kondisi tersebut. Kami kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan memiliki komitmen tinggi untuk berubah maju kearah tercapainya standar proses sebagaimana tuntutan regulasi pada standar nasional pendidikan dan tercapainya visi, misi dan tujuan pendidikan di Kabupaten Pesisir Selatan ke depan. Kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan  akan lebih memanfaatkan sumber daya pendidikan yang lebih kompeten, profesional untuk meningkatkan kompetensi kami dalam hal  standar proses pembelajaran melalui kegiatan brainstorming, pemecahan masalah, ceramah, tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi.
Sejak tahun 2009, kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan memang telah mendapat suntikan dan dari LPMP, yang telah digunakan untuk kegiatan yang memerlukan narasumber yang kompeten dan professional. Namun, dari hasil kerja, kami masih terus memerlukan tindakan revisi terhadap standar proses pembelajaran yang sejalan dengan munculnya hal-hal baru yang harus diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan terus berharap untuk mendapatkan bantuan dana (block grant) tahun 2011.
Kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan  telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain pengembangan silabus, pengembangan RPP, penilaian, serta mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan penguasaan substansi materi pokok. Bila kami mendapatkan dana block grant tahun 2011, kami akan memanfaatkannya secara maksimal untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Pesisir Selatan.

B.     Tujuan
Pelaksanaan kegiatan MGMP Bahasa Inggris Tingkat SMP Kabupaten Pesisir Selatan  ini bertujuan untuk :
1.      meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
2.      meningkatkan wawasan dan motivasi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 )
3.      meningkatkan kemampuan guru  dalam merancang metode, media dan bahan ajar  yang efektif dan komunikatif
4.      memotivasi guru untuk mengembangkan kemampuan dalam mencari berbagai inovasi   melalui penelitian tindakan kelas.
5.      Memberikan wawasan tentang konsep Penilaian Kinerja Guru (PKG), lesson study, pendidikan karakter dan budaya bangsa, serta penerapannya.

C.          Hasil Yang Diharapkan
1.      Adanya peningkatan kompetensi guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
2.      Peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 )
3.      Peningkatan kualitas guru dalam merancang metode, media dan bahan ajar  yang efektif dan komunikatif
4.      Peningkatan motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas.
5.      Peningkatan pemahaman guru tentang PKG, lesson study, dan pendidikan karakter & budaya bangsa

D.          Sasaran
Sasaran kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris Tingkat SMP Kabupaten Pesisir Selatan  ini adalah peningkatan kompetensi guru dalam hal kualitas proses pembelajaran. Sedangkan sasaran peserta yaitu Guru SMP di Kabupaten Pesisir Selatan mata pelajaran  Bahasa Inggris dengan karakteristik :
·         Latar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
·         Kondisi sekolah tempat guru bertugas rata-rata berdekatan dan mudah dijangkau
·         Memiliki komitmen untuk mau dan mampu bekerja demi perubahan ke arah yang lebih baik

E.           Manfaat
a.       Meningkatnya kompetensi guru dalam mengoperasionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.      Meningkatnya kompetensi guru dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan standar proses pembelajaran (sesuai Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 )
c.       Meingkatnya kualitas guru dalam merancang metode, media dan bahan ajar  yang efektif dan komunikatif
d.      Meningkatnya motivasi guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas.
e.       Meningkatnya pemahaman guru tentang PKG, lesson study, dan pendidikan karakter & budaya bangsa


BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM

A. Laporan Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan yang terkait dengan KTSP dan standar proses pembelajaran secara menyeluruh. Kegiatan yang dilaksanakan secara aktif sejak tahun 2009  ini di pusatkan  di SMP Negeri 1 Painan. Kegiatan ini laksanakan dengan alasan lokasi sekolah ini cukup mudah diakses dan diikuti oleh semua peserta. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan alasan masih perlunya penyebaran informasi tentang pemantapan KTSP bagi peserta. Untuk pemantapan itulah kami mengundang  nara sumber yang kompeten dibidangnya.
Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan proposal yang disetujui LPMP yaitu menekankan pada peningkatan hasil evaluasi tahun satu tahun berjalan. Adapun permasalahan yang muncul adalah masih rendahnya kompetensi yang dimiliki lulusan untuk bersaing pada jenjang pendidikan berikutnya. Sementara itu upaya pemecahan masalah dilakukan adalah berusaha memperbaiki proses pembelajaran di kelas agar siswa betul-betul memiliki kompetensi sesuai dengan target yang harus dicapai. Pada sisi lain implementasi kegiatan berjalan dengan baik, sedangkan hasil aktivitas kelompok kerja dalam pelaksanaan proses pembelajaran juga sudah berjalan dengan baik.

B. Strategi dan Metode Pelaksanaan Program
Pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Pesisir Selatan  berjalan dengan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera, sementara fasilitator yang ada belum mumpuni; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar, tetapi ada di antara anggota sudah pernah memperolehnya (desiminasi). Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan produk yang berkaitan dengan pemantapan KTSP bagi seluruh anggota.
Sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Pesisir Selatan selama satu tahun terakhir, berikut ini kami sertakan data administrasi, penggunaan dana/keuangan, dan bukti pelaporan. Data pendukung sebagai bukti tersebut dapat dilihat pada lampiran yang ada.

Sebagai pertangungjawaban terhadap terlaksananya kegiatan di MGMP Bahasa Inggris SMP  Kabupaten Pesisir Selatan, seluruh kegiatan mulai dari presensi/absensi, kontribusi anggota dan sekolah induk, topik/materi bahasan serta narasumber yang mengampu, dan jalannya kegiatan dicatat dalam administrasi kegiatan MGMP.
Khusus mengenai pertanggungjawaban keuangan dicatat/dibukukan dalam bentuk kas dana masuk dan dana keluar. Seluruh penggunaan keuangan MGMP digunakan secara transparan dan akuntabel dilaporkan kepada anggota dan diketahui oleh pembina MGMP. Laporan keuangan tersebut merupakan bagian dari laporan seluruh kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Pesisir Selatan

C. Sistem Dokumentasi Kegiatan/Pelaporan
                 Setiap kali mengadakan kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP  Kab. Pesisir Selatan dilaksanakan pelaksanaan dokumentasi secara sesuai dengan proses pelaksanaan kegiatan.

D. Kualitas Program
Program kegiatan yang dilaksakan sesuai dengan tuntutan yaitu konsen dengan peningkatan kompetensi guru terutama terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran (penerapan pendekatan, model-model pembelajaran terkini, penggunaan metode bekualitas, penerapan media dan alat peraga yang kontekstual) dan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui kegiatan inservice training, diklat, dan penulisan penelitian tindakan kelas yang didesain melalui analisis kritis dan lesson study. Serta kegiatan diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru, seperti seminar proposal, seminar hasil dan sebagainya.
Pelaksanaan kegiatan selama ini menunjukkan kualitas yang cukup tinggi, hal ini nampak dari realitas sangat antusiasnya peserta dalam menyikapi informasi baru serta tingginya keinginan untuk merealisasikan sebuah produk pembelajaran. Kualitas pelaksanaan yang demikian ini disebabkan factor-faktor antara lain kurangnya kesempatan pelatihan ke luar daerah, kurangnya informasi, tingginya tuntutan untuk melakukan berbagai pembaharuan, sehingga untuk itu implementasi hasil-hasil kegiatan kolektif guru di tingkat kelas selama ini perlu terus ditingkatkan.

E. Frekwensi Kegiatan (pertahun)
Frekwensi kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan yang pembiayaannya bersumber pada dan blockgrant dari LPMP Provinsi Sumatera Barat  pada tahun  lalu adalah 12 kali pertemuan. Namun kelanjutannya dilakukan secara mandiri dengan 2 kali pertemuan dalam satu bulan.

 F. Keterlibatan Peserta
Keterlibatan peserta dalam kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan satu tahun yang lalu  cukup maksimal yakni mencapai 100%. Namun, ketika dilakukan secara mandiri, terjadi penurunan beberapa persen.

G. Gambaran Alasan Pelaksanaan Program
Secara umum, pelaksanaan program kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP Kab. Pesisir Selatan cukup relevan dengan peningkatan mutu guru. Hal ini terlihat dari munculnya keinginan guru untuk mengadakan pembaharuan dalam proses pembelajaran. Misalnya dalam hal perencanaan, guru tidak lagi mengandalkan program copy paste dari internet, tetapi sudah berusaha menyusun sesuai dengan situasi sekolah masing-masing.

BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

A. Penyusunan Perencanaan Kegiatan Kelompok Kerja
Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP  Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi. Brainstorming dilaksanakan jika menghadapi masalah yang memerlukan pemecahan segera dengan fasilitator yang sudah pakar; ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan dalam memahami konsep-konsep yang relatif sukar dengan atau tanpa pakar. Sementara, diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan titik kesamaan persepsi; dan workshop digunakan untuk merealisasi pemahaman konsep yang sudah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan perbaikan proses pembelajaran yang  sesuaikan dengan standar proses

B. Strategi dan Metode Rencana Pelaksanaan Program
Rencana pelaksanaan kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, dan workshop, serta simulasi

C. Materi Kegiatan
               Materi kegiatan kelompok kerja MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan yang didanai oleh blockgrant melalui LPMP ini direncanakan sebagai berikut:
1.      Reviu Silabus
2.      Reviu RPP
3.      Penyusunan Bahan ajar dan LKS
4.      Penilaian Kinerja Guru
5.      Penelitian Tindakan Kelas
6.      Lesson Study
7.      Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa
8.      Media Interaktif

D. Narasumber
Adapun narasumber yang diminta untuk memberikan bimbingan dalam kegiatan ini   adalah widyaiswara LPMP, dosen bersertifikat, unsur pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten, dan Guru yang telah mengikuti ToT.


E. Waktu/Jadwal Pelaksanaan Pembelajaran
Waktu pelaksanaan dimulai tanggal 30 Oktober 2011 dengan volume kegiatan sebanyak 12 kali pertemuan. (jadwal terlampir)
F. Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan dilaksanakan secara tetap di SMP Negeri 1 Painan
Alamat: Jalan Ilyas Yakub Painan, Kecamatan IV Jurai

G. Rencana Pemantauan  dan Evaluasi Pelaksanaan Program
Untuk menjaga dan menjamin pelaksanaan kegiatan akan dilakukan monitoring dan evaluasi (ME) oleh LPMP dan penanggung jawab program di daerah. ME akan dilaksanakan sejak dimulainya persiapan kegiatan, saat kegiatan sedang berlangsung, dan pada akhir kegiatan.

H. Rencana Pelaporan (Bulanan, Triwulan, Tengah Tahun, dan Akhir Tahun)
Sejalan dengan perencanaan ME, akan dibuatkan laporan secara bertahap, mulai dari persiapan sampai dengan laporan akhir kegiatan. Laporan meliputi pelaksanaan kegiatan, hasil-hasil kegiatan, dan laporan penggunaan dana. Pelaporan dilakukan secara bulanan, triwulan, tengah tahun, dan akhir tahun.

I. Rencana Anggaran Belanja (RAB)
Pembiayaan kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Pesisir Selatan ini menggunakan dana bantuan block grant dari LPMP Propinsi Sumatera Barat dengan jumlah dana Rp. 20.000.000,- ( Dua puluh juta rupiah ). 
Adapun dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan sesuai program dengan rincian anggaran biaya yang sudah dibuat.



BAB IV
PENUTUP

Dunia pendidikan tidak akan pernah sepi dari berbagai pembaharuan karena ia memiliki sifat dinamis. Pendidikan memang dituntut untuk selalu berubah ke arah yang lebih baik dan mampu beradaptasi. Untuk itulah MGMP diciptakan agar senantiasa muncul insan pendidik yang mampu melakukan pembaharuan. Berdasarkan konsep itu pula lah proposal ini kami susun dan kami ajukan.
Demikianlah proposal ini kami susun, dengan harapan mendapat prioritas dalam realisasinya demi kelancaran kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Pesisir Selatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar