Teks

Blog ini sengaja diluncurkan untuk mengekspos kegiatan MGMP Bahasa Inggris SMP/MTs Kab. Pesisir Selatan. Diharapkan dengan adanya blog sederhana ini, semua guru-guru terutama guru-guru Bahasa Inggris mendapatkan manfaatnya dalam menjalankan tugas mulia sebagai guru untuk ikut mencerdaskan anak-anak bangsa. Semoga saja. Silahkan catat dan kunjungi kembali http:// www. mgmpbingsmppessel.blogspot.com

Marque

Welcome to Blog MGMP Bahasa Inggris SMP Kab. Pesisir Selatan





Rabu, 08 Juni 2011

Belajar Bahasa Inggris Tingkat Dasar (Basic Level)

Bahasa Inggris yang telah menjadi bahasa International adalah bahasa yang demikian penting bagi siswa Indonesia.  Dengan memiliki kemampuan di bidang Bahasa Inggris merupakan nilai plus yang akan memudahkan para siswa dalam mengapai ilmu pengetahuan yang lebih tinggi pada bidang-bidang yang menjadi pembelajarannya yang otomatis akan meningkatkan keahliannya di bidang tersebut.
Dengan memiliki keahlian di bidang Bahasa Inggris khususnya dalam bidang komunikasi baik lisan maupun tertulis, siswa nantinya akan lancar  dalam menyelesaikan studinya baik di tingkat menengah, atas, akademi maupun universitas karena sebagaimana yang telah dinyatakan di atas yakni siswa memiliki pengetahuan yang lebih dengan tanpa hentinya mencari pengetahuan lebih yang jembatan bahasanya adalah Bahasa Inggris. Selain itu, kemampuan itu akan memudahkan siswa yang bersangkutan dalam mendapatkan pekerjaan.
Peryataan-peryataan di atas menunjukkan betapa pentingnya Bahasa Inggris bagai para siswa Indonesia. Jika sudah demikian, para orang tua seharusnya mulai menyiapkan sedini mungkin pembelajaran Bahasa Inggris bagi putra putrinya agar mereka nantinya mereka mendapatkan cita-cita sebagaimana yang diinginkan baik oleh orang tua maupun putra putrinya.
Pembelajaran Bahasa Inggris tidak cukup di pendidikan formal. Bukti telah banyak ditemukan bahwa hanya belajar Bahasa Inggris di pendidikan formal apakah itu TK, SD, SMP, SMA teryata tidak membawa perubahan yang berarti bagi siswa tersebut. Kecuali kalau di tingkat-tingkat tersebut ada pendidikan ekstrakulikuler yang mengintensifkan pembelajaran Bahasa Inggris kemungkinan besar ada perubahan yang lumayan besar dengan memiliki kemampuan yang lebih dalam Bahasa Inggris.
Pembelajaran lain bisa dilakukan di privat atau les yang ditangani oleh tenaga yang kompeten dan bertahun-tahun telah berkecimpung di bidang bahasa. Bukti telah menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan lebih rata-rata mereka telah mengenyam pendidikan tidak hanya di formal tetapi juga di luar sekolah. Dengan demikian, Orang tua sudah saatnya memberikan pembelajaran yang lebih dengan arti pembelajaran tidak hanya di tingkat sekolah tetapi juga di luar sekolah.
Namanya ilmu apalagi bahasa akan menjadi lebih baik pembelajarannya dilakukan jauh-jauh hari. Hal ini akan memberikan keuntungan yang lebih karena sebagaimana yang kita tahu penyerapan tentang hafalan mudah dilakukan pada tingkat anak-anak.
Pada tingkat-tingkat akhir SD, siswa mulai belajar tentang  percakapan yang sederhana mulai dari perkenalan, hobi, dan sebagainya. Pada tingkat ini siswa seharusnya sudah diberikan buku-buku bacaan bahasa Inggris, lagu-lagu untuk tingkatan siswa sekolah dasar yang tentunya sesuai dengan daya tarik masing-masing siswa. Dengan banyak membaca, siswa akan mudah mengingat dan otomatis juga tidak akan mudah lupa kata-kata bahasa Inggris. Dan bahkan siswa akan memiliki kosa kata yang lebih dibanding siswa yang lain yang tidak hobi membaca. 

By  Sugeng T.

1 komentar: